Potty training

March 11, 2012 § Leave a comment

We’ve been potty training part time for the last 3 months. No, we’re not forcing her to go to the toilet or teaching her to sign for potty like that. I simply try to read her cues and catch her pee and poop timely.😉 not an easy task at first, and definetly takes time and energy.

This whole infant potty training didn’t actually started out as something we’ve planned on doing. With the whole cloth diaper bonanza, I was actually enjoying the diaper changes. ;p seeing all those cute fluffs on her bottom makes me smile. I know I’m weird that way with CDs..

So anyway, it all started a few days after Shana started solids. You know how baby poo texture will change after they started solids right? Well I found out that not only the texture changes but also I had to tweak my washing routine to get those solidify poo out. Yup unlike breastmilk poo, this was a though one. Not to mention that our sweet baby girl was starting to get persistent rash on her nappy area due to being in a soiled diaper for too long. At that time I didn’t really know her cues yet.

One day as I was changing her diaper, I saw that all too familiar poopy face. I was thinking whether to get a clean nappy to put under her or not, because I had thrown to dirty one into the diaper pail. Then I thought why not just put her on the toilet? What’s the worst thing that can hapoen right? It’s not like I’m torturing her in anyway. So I did and she went. Just like that. I even saw that it was easier for her to do her business sitting down on the toilet rather than lying down on her nappy. Anyone has ever tried doing the #2 while lying on your backs? Hehe…

Starting from that day on, I try my best to read her cues for #2. It was pretty easy because she’ll grunt and become restless beforehand. Sometimes I can even predict when she would go due to paying attention to her schedule. Because of all this, Shana is no longer comfortable doing #2 on her nappy, she would somehow become furious if I don’t take her to the toilet. Well babies are human and who would in their right mind be sitting on their own waste?😉

After getting the #2 fully trained, then I started paying attention to her peeing cues and schedule. The cues for #1 is not as obvious so I haven’t figure it out yet. What I know is her schedule. She would stay dry during naps and pee immediately after waking up. By knowing that, I have been letting her go diaperless during naps. This has truly helps with her rash. Oh yeah, my baby girl is a Ms.rash-prone. She gets minor rash with cloth diapers and worse rash with disposables.

Another happy news, she has been staying dry for a few nights! Of course I need to wake up once during the night to take her pee in the toilet. I don’t mind doing this because she’s still breastfeeding and waking up multiple times at night to breastfeed anyway. This is great because she’s not sleeping on her pee for too long anymore.🙂

Somehow I really like this whole infant potty training. I know this might not work for some families, but if you do have time I suggest to try it. Not only this will teach babies about good personal hygiene, this also strengthen the bond with our babies. By being alert to their cues and signs, we get to know our baby better. Of course less diaper laundry doesn’t hurt either..😉

Mencuci clodi

February 29, 2012 § Leave a comment

Waktu masih newborn, Shana pake popok flat dan prefold dengan diikat pake snappi. Jarang banget dipakein cover karena baru dipipisin 1x juga langsung diganti. Nah pas awal ini acara cuci mencuci bukan masalah karena nyuci flats dan prefold itu gampang banget. Serahin aja ke ART, mau disikat atau dikucek pake sabun mandi batangan untuk ilangin noda p*ppy bayi newborn juga jadi deh. Untuk masalah nyetrika juga bebas merdeka. Wong cuma lembaran kain katun, jadi gampang banget perawatannya.

Sejak umur 1 bulan, aku mulai pakein cloth diaper one size model pocket ke Shana. Baru dipake umur sebulan karena baru muat. Maklum anaknya tipe irit berat badan..😉

Awalnya aku serahin juga urusan cuci mencuci clodi ke si mba. Tentunya dengan wanti wanti:
– jangan disikat
– jangan disetrika
– jangan dikucek pake sabun batangan.
– jangan banyak2 pake sabun cucinya
– jangan pake pemutih dan pelembut

Setelah pemakaian 2 bulanan, kok lama2 merasa kalo clodi Shana jadi pada mbrudul innernya. Hmm langsung curiga kalo disikat sama si mba niy. Trus suka berasa masih nyisa bau pesingnya padahal clodi udah dicuci. Yang paling parah itu waktu gantiin popok, aku liat kalo seluruh kulit Shana yg ketutup popok jadi meraah kaya’ kebakar gitu. Langsung panik dot com! Bingung mau nanya kemana ahirnya nanya om google. Ternyata Shana kena yg namanya “ammonia burn”.

Ammonia burn ini terjadi karena pencucian yg kurang bersih. Jadi masih ada residu urin di clodi, makanya masih bau pesing padahal clodi udah dicuci. Tanda2 awal penumpukan ammonia sebenernya udah keliatan kecium siy, cuma berhubung masih awam di dunia perclodian, aku pikir yg namanya pipis pasti bau pesing lah ya. Ga gitu ngeh kalo itu sebenernya bau amonia.😦 kacimaan anak gw..

Setelah kejadian amonia burn itu, urusan cuci clodi langsung gw ambil alih. Googling untuk cari info cara cuci clodi yg cocok untuk kondisi gw yg ga mungkin nyuci clodi pake tangan tiap hari. Mulailah nyuci clodi pake mesin cuci. Semakin banyak baca, justru bikin semakin bingung karena “kesannya” kok ribet yaa nyuci clodi. Tapi setelah dijalanin, ga ribet kok.. Wong tinggal masukin ke mesin, pencet2 tombol, trus tinggalin deh sampai selesai, habis itu jemur.😉

Bisa dibilang “ritual” nyuci clodi yg sekarang cocok buat gw ini butuh trial and error. Dari mulai cari deterjen yg ringan di kulit bayi tapi bisa membersihkan popok sampai cara mencuci paling efektif dengan mesin cuci. Cara nyuci clodi ini bisa beda2, tergantung dari jenis air, jenis mesin, dan juga deterjen yg dipakai. Jadi cara nyuci clodi yg paling pas untuk saat ini buat aku:
1. Clodi kotor dibilas di bawah air mengalir.
2. Pocket, cover, dan fitted masuk ke ember dry pail. Insert masuk ke ember wet pail sampai waktu mencuci. Aku biasa nyuci clodi setiap hari karena ga mau numpuk clodi kotor terlalu lama.
3. Pocket, cover, dan fitted dimasukin semua ke laundry net. Insert ga perlu masuk laundry net
4. Prewash hanya dengan air selama 15 menit dengan setting air paling banyak untuk mesin cuci.
5. Cuci dengan deterjen Ultraco sebanyak 1 sendok takar sufor (biasanya ada sekitar 6-7 clodi kotor plus insert setiap nyuci).
6. Bilas 3x
7. Spin dengan putaran rendah.

Dengan metode nyuci seperti itu, alhamdulillah clodi Shana bebas dari bau amonia menyengat dan selalu bersih.. Taunya bersih dari mana? Well, selain insert dan inner yg kembali putih, setelah dicuci juga ga tercium bau apa2 dari clodinya. Kalo masih bau deterjen, itu berarti masih ada residu deterjen. Yg pas adalah clodi tercium segar aja..😉

Our take on breastfeeding..

February 25, 2012 § Leave a comment

Beginilah kalo jadi emak2 labil.. Niatan hati mau update blog lebig rajin, tapiii selang dari post terakhir aja udah 2 bulan. Mana rajinnya? :p

Oh well..
Lagi pengen sharing pengalaman breastfeeding selama 8 bulan terakhir. I’m still amazed (and thankfull) that we are still breastfeeding exclusively up to eight months. Yups, breastfeeding was not something easy and ‘natural’ for me and Shana.😦 it was hard work and full of battle. Nevertheless, we made it! Kalo kata ibu2 canggih jaman sekarang “anak gw lulus S1 ASIX”. :p hmm ga gitu suka sebenernya dengan the whole S1,S2,S3, atau es lilin asix ini. It’s such an overkill IMO.

Dari hari pertama lahir di dunia, Shana ga terlalu antusias menyusu. Entah apa karena proses IMD yg gagal? Atau emang karena anak perempuan katanya lebih males nyusu? Apapun alasannya, si gendhuk ini susah banget latch on. Ditambah lagi ternyata oh ternyata secara anatomi gw emang sulit untuk menyusui dengan kondisi inverted nipple. Alhamdulillahnya milih melahirkan di RS yg amat sangat PRO ASI. Setiap hari ada konselor laktasi yg dateng ke kamar untuk bantuin latch on dan memantau proses menyusui.

Inget banget konselor laktasi pertama yg visite, dia langsung jelasin tentang kapasitas lambung bayi dsb dsb yg udah gw tau dari kelas breastfeeding basic aimi. Awalnya gw mikir ‘iyaa udah tauu’ n males dengerin gitu, tapi ternyata penjelasan ini berguna banget untuk ke depannya dapet support dari ortu dan mamer. Mereka langsung support seratus satu persen untuk asi(alhamdulillah). Setalah agak paksa shana utk latch on dan bayinya tetep gamau. Periksa sana-sini, kesimpulannya anatomi gw bermasalah but no biggie karena ada jalan keluarnya. Keluar deh resep handal untuk nipple puller dan nipple shield.

Dengan bantuan nipple shield, alhamdulillah shana bagus latch on-nya. Langsung hap hap, nyusu dengan semangat Shananya. Gw pikir oke juga niy nipple shield, baiklah dua tahun berteman dengan si nipple shield. Ehhh trnyata pemakaian nipple shield bisa menurunkan produksi asi, jadiii aja PR lagi untuk latian nyusu langsung tanpa nipple shield pas pulang ke rumah.

Fast forward di rumah 24 jam menyusu tanpa nipple shield, yaakk lecet paraah aja sodara-sodara. Rasanya mau nangisss tiap Shana nangis minta nyusu. Mau dipompa tapi takut anaknya kena sindrom bingung puting kalo pake botol. Yowes, pasang iket kepala, pasang bantal menyusui, gendong anaknya, trus hap latch on sambil gw meringis kesakitan. Ouch! Ouch! Ouch!
Rasa sakit setelah menyusui ini semakin berkurang setelah 2 minggu. Gw pikir, wajar ya sakit karena masih adaptasi. Apalagi pas Shana umur 3 minggu, aku iseng ke klinik laktasi di KMC. Dari hasil pemeriksaan, menurut konselornya cara latch on udah bagus, timbangan baby naik, dan ga terlalu lecet.
NOTE: kalo sakit saat menyusui itu TIDAK WAJAR. Berarti emang ada yg salah.

Setelah hampir 3 bulan, gw bangun pagi dengan rasa sakit yg lumanyun bikin meringis tiap pagi. Rasanya PD kalo kena baju itu ngiluu banget. Tetep positive thinking dan usaha terus nyusuin Shana yg bisa tiap 1/2 jam sekali nyusu dengan durasi menyusui yang bisa aja 2 jam non stop! Sampai pada satu titik dimana ahirnya Shana nursing strike. Mungkin dia udah capee nyusu terus tapi kurang kenyang. Rasanya hati remuk redam pas anak nolak nyusu padahal dia kelaparan, sampe ahirnya ketiduran karena cape nangis.

Balik lagilah kita ke klinik laktasi KMC. Kali ini konselor yg ada mendiagnosa kalo mungkiiin Shana tounge tie. Jiyaah..kenapa ga dari awal seh? Kan kasian anak gw cape nyusu ga efektif. Setelah ahirnya diperiksa sama dr.Asti, it was confirmed that our baby is tounge tied.😦 my poor baby.. Tongue tie di Shana ga cepet ketauan karena dia tipe yg ringan, jd anak masih bisa nyusu seharusnya tanpa kesulitan. Tapiii tongue tie di Shana + inverted nipple di emaknya = menyusu ga efektif. Walhasil 3 bulan anak gw kekurangan asupan. Sediiiiih banget rasanya, tapi ga boleh berlarut larut sedih karena gw punya target untuk naikin produksi ASI yg udah terlanjur drop. Makan deh katuk seember, hehe..ga deng. Lebih tepatnya dapet obat dari dokter laktasi untuk naikin supply, sering nyusuin malam hari, makan banyak sayur, plus jinten hitam n sari kurma tiap hari.

Banyak orang yg komentar kalo tongue tie over diagnosa dan insisi itu over treatment dari dokter. Well, whoever said that had NEVER went through what we had for sure. Pasti orang itu ga ngerasain rasanya sakit pas dan setelah menyusui, ga ngerasain bayinya nangis seharian ga bisa tidur, dan pastinya ga ngerasain sedihnya ditolak bayi pas nawarin nyusu.

Setelah ngelewatin semua itu, alhamdulillah masih bisa ngasih ASI ke Shana sampe sekarang. Gw ga punya target apapun, karena menurut gw ASI ini rejeki dari Allah. Rejeki udah ada yg ngatur kan.. Kalo masih rejeki, insya Allah ASI jalan terus. Kalo udah bukan rejeki, ya masih ada sufor atau UHT kan setelah setahun. Toh sufor bukan racun kok..😉 *pasang helm takut diketok palu sama konselornlaktasi*

Still around?

December 11, 2011 § 1 Comment

Hualoww.. Apa kabar ya ini blog? Ditinggalin setengah tahun lebih. Hidup ga ada, nyawa menggantung begini.. Hehe..
Alasan blog ga update cuma satu! Berbentuk mahluk mungil nan lucu bin menggemaskan bernama Baby iwil Aishana.🙂

Alhamdulillah putri pertama kami lahir bulan Juni lalu dengan selamat, sehat dan ga kekurangan apapun. Emaknya paling girang begitu tau anak wedhok lahir dengan rambut lebat nangkring di kepala. Maklum pengalaman eyke lahir botak nan plontos.😀

Selama 6 bulan terakhir kehidupan berputar di sekitar putri kecil kami tentunya. Ga berasa bayi newborn yg seperti boneka hidup ga bergerak itu sekarang udah tumbuh makin besar jadi bayi yg aktif dan interaktif. Suka ketawa, bercanda, pastinya bikin aku dan abang jadi orang tua yg bangga. Hehe mana ada siy ortu ga bangga sama anak? Pasti anaknya nomor 1 di dunia lah..

Hmmm..rasanya banyak yg pengen ditulis disini. Dari mulai pengalaman melahirkan, hari-hari pertama di rumah merawat bayi newborn sendiri, perjuangan breastfeeding, dan perubahan hidup gw setelah hadirnya bayi kecil ini. Huwaa banyak yaa.. Satu2 dulu kali ya.. Kangen juga nulis..🙂

Colorful fabrics

May 12, 2011 § Leave a comment

Apaan neh?

aheey!…silau ga liatnya?😉

he he..ini hasil menjarah dan berpanas-panasan muterin di pasar Cipadu. Pasar tekstil di daerah Ciledug sana emang terkenal dengan bahan-bahan bagus yang murmer. Cocok niy buat aku yang masih coba-coba jait menjait dan sok-sok-an mau jadi crafty mama.. ;p

Kemarin karena ga ada kerjaan di rumah, ibuku dan si kunyil yg besar lagi seru berenang dan naik monorail (katanya). Kunyil kecil lagi dititip di rumah niniknya. Walhasil gw bebas tugas dan beneran punya me time! horaay! langsung deh melipir ke cipadu yang ga seberapa jauh dari rumah Bintaro.

Muter-muter ga sampe sejam, udah kepanasan, haus, dan tentengan kantong udah banyak aja.. Niat awal cuma mau beli silicon atau dacron untuk isi bantal n boneka, jadi pulang sambil bawa kain katun beragam motif di atas. Tapiii jangan salah, ga rugi bandar kok.. Wong kain-kain katunnya seharga IDR 13-15ribu/meter sajah. Heee gimana ga kalap ya?😉

Termenyenangkan: Nemu designer fabric dengan harga cuma 1/8 dari harga aslinya!!! Kaya’nya siy karena roll yang reject, tapi asal bisa milih bagian yang mau dipotong, tetep dapet kain yg bagus aja kok.

So what’s our next project?🙂

I’ve been bitten…

May 10, 2011 § 2 Comments

…by the sewing bug😉

Awalnya cuma iseng nyobain jait fitted clodi sendiri karena liat para mommies di youtube dan kepikiran “hmm..kaya’nya ga susah-susah amat buat jait fitted clodi”.

Ahirnya berlanjut ke proyek jait-menjait lainnya deh..Berasa gatel aja niy tangan kalo lama ga nyentuh si singer *lebay*. Tapi beneran lho, gw bener-bener menikmati hobi baru ini. Emang dari kecil siy udah pengen bisa jait, jangan tanya kenapa tapi udah obsesi aja gitu. Sampe minta kado mesin jait padahal ga bisa jait, beli buku pola padahal ga ngerti cara baca n bikin pola, sampe punya meteran jait yang entah gimana caranya gw bisa punya ya? *lupa*.

eniweys, rasanya seneng aja bisa menghasilkan suatu jaitan. Entah itu clodi, baju, ataupun sekedar hal-hal kurang penting lainnya. No, I’m not a professional seamstress.. jadi jangan heran kalo jaitan masih seadanya dan kadang hasil jaitan ga seindah bayangan awal. Tapi lumayan lah bisa nambah-nambahin wardrobe untuk baby iwil, hehe..😉

Karena gw bosenan orangnya, jadi selama ini belom pernah jait 2 hal yang sama. Selalu pengen nyobain jait yang baru dengan teknik yang beda-beda. Namanya juga lagi belajar, jadi semua hajar bleh aja.. Ga ada ruginya ini..😉 sekarang ini lagi pengen ikut kursus jait niy, biar lebih bener aja tekniknya..cuma mana mungkin dengan perut besar begini..?😉

Feeling Refreshed!

May 7, 2011 § Leave a comment

Tau aja kan yang namanya bumil pasti temenan deket sama pegel-pegel di seluruh badan. Dari mulai kaki, punggung, pinggang, dsb, dll smua juga ikutan pegel. Apalagi dede di perut makin gede, beban yang digotong-gotong tiap hari juga makin berat.

Dari masuk trimester ke-2, hampir tiap hari gw minta abang untuk pijitin. Awalnya siy kaki doang tapi lama-lama punggung juga ikutan. Nah semakin perut gw membesar, ternyata dese ga berani main asal pijit, takut ada salah katanya. Bolak-balik abang nyuruh gw untuk pijit di tempat khusus ibu hamil, tapi dasar gw males bergerak jadi rencana pijit dari bulan ke-4 baru kejadian sekarang..😉

Tanya sana-sini, banyak yang rekomendasi untuk pijit di Mom n Jo Spa. Gw juga ga nemu tempat lain siy di jekarda ini, yowes boleh lah dijajal kemahsyuran di Mom N Jo ini gw pikir.

Setelah telpon dan booking, langsung meluncur ke Dharmawangsa Square. Dasar ke-pede-an, sempet nyasar dulu ke Mom n Jo yang buat baby, hehe untungnya ga beda jauh tempat yang untuk pijit ibu hamilnya.

Sampe disana, waaa comfy sekali tempatnya. Apalagi pas gw dateng lagi ga rame, jadi berasa di rumah sendiri aja. Gw ambil yang pre-baby bliss aja karena baru nyobain, ga berani langsung ambil paketan. Ngeliat price list yang cukup maknyuss itu juga siy yg bikin mikir2 mau ambil paket ;p.  Pre-baby bliss ini pijit seluruh badan selama kurleb 80 menit dengan harga IDR 250K *uhuk*.

tapiiiii untuk spa kali ini, please judge the service by its price.😉 maksud gw, dengan harga segitu kita dapet banget kenyamanan saat spa maupun setelahnya. Beneran TOB MARKOTOBH deh *four thumbs up!*.

Pas dipijit aja gw sampe ketiduran saking enak dan relaxing suasananya. Efek yang paling berasa itu setelah pijitnya, badan ga pegel-pegel lagi, kaki berasa enteng (yaa you know one of the pregnancy bliss is your feet will look alike an elephant’s feet :D), dan pastinya suami seneng karena ga perlu mijitin gw lagi tiap malem.. hehehehe….

oiya, review ini gw tulis setelah 2 minggu pijit di Mom n Jo spa lho.. efeknya masih berasa sampe sekarang. Selama 2 minggu ini abang bebas tugas jadi personal therapist gw..😉

hmmm…tapi kaya’nya punggung udah mulai pegel-pegel lagi niy masuk minggu ke-34.. maybe it’s time for another visit to Mom n Jo?😉 kali ini mau nyoba yg lebih deket rumah ah…di BSD juga ada soalnya.

Mom n Jo Spa

Dharmawangsa Square: (+6221) 72780760, (+6221) 71251005