Potty training

March 11, 2012 § Leave a comment

We’ve been potty training part time for the last 3 months. No, we’re not forcing her to go to the toilet or teaching her to sign for potty like that. I simply try to read her cues and catch her pee and poop timely. πŸ˜‰ not an easy task at first, and definetly takes time and energy.

This whole infant potty training didn’t actually started out as something we’ve planned on doing. With the whole cloth diaper bonanza, I was actually enjoying the diaper changes. ;p seeing all those cute fluffs on her bottom makes me smile. I know I’m weird that way with CDs..

So anyway, it all started a few days after Shana started solids. You know how baby poo texture will change after they started solids right? Well I found out that not only the texture changes but also I had to tweak my washing routine to get those solidify poo out. Yup unlike breastmilk poo, this was a though one. Not to mention that our sweet baby girl was starting to get persistent rash on her nappy area due to being in a soiled diaper for too long. At that time I didn’t really know her cues yet.

One day as I was changing her diaper, I saw that all too familiar poopy face. I was thinking whether to get a clean nappy to put under her or not, because I had thrown to dirty one into the diaper pail. Then I thought why not just put her on the toilet? What’s the worst thing that can hapoen right? It’s not like I’m torturing her in anyway. So I did and she went. Just like that. I even saw that it was easier for her to do her business sitting down on the toilet rather than lying down on her nappy. Anyone has ever tried doing the #2 while lying on your backs? Hehe…

Starting from that day on, I try my best to read her cues for #2. It was pretty easy because she’ll grunt and become restless beforehand. Sometimes I can even predict when she would go due to paying attention to her schedule. Because of all this, Shana is no longer comfortable doing #2 on her nappy, she would somehow become furious if I don’t take her to the toilet. Well babies are human and who would in their right mind be sitting on their own waste? πŸ˜‰

After getting the #2 fully trained, then I started paying attention to her peeing cues and schedule. The cues for #1 is not as obvious so I haven’t figure it out yet. What I know is her schedule. She would stay dry during naps and pee immediately after waking up. By knowing that, I have been letting her go diaperless during naps. This has truly helps with her rash. Oh yeah, my baby girl is a Ms.rash-prone. She gets minor rash with cloth diapers and worse rash with disposables.

Another happy news, she has been staying dry for a few nights! Of course I need to wake up once during the night to take her pee in the toilet. I don’t mind doing this because she’s still breastfeeding and waking up multiple times at night to breastfeed anyway. This is great because she’s not sleeping on her pee for too long anymore. πŸ™‚

Somehow I really like this whole infant potty training. I know this might not work for some families, but if you do have time I suggest to try it. Not only this will teach babies about good personal hygiene, this also strengthen the bond with our babies. By being alert to their cues and signs, we get to know our baby better. Of course less diaper laundry doesn’t hurt either.. πŸ˜‰

Advertisements

Our take on breastfeeding..

February 25, 2012 § Leave a comment

Beginilah kalo jadi emak2 labil.. Niatan hati mau update blog lebig rajin, tapiii selang dari post terakhir aja udah 2 bulan. Mana rajinnya? :p

Oh well..
Lagi pengen sharing pengalaman breastfeeding selama 8 bulan terakhir. I’m still amazed (and thankfull) that we are still breastfeeding exclusively up to eight months. Yups, breastfeeding was not something easy and ‘natural’ for me and Shana. 😦 it was hard work and full of battle. Nevertheless, we made it! Kalo kata ibu2 canggih jaman sekarang “anak gw lulus S1 ASIX”. :p hmm ga gitu suka sebenernya dengan the whole S1,S2,S3, atau es lilin asix ini. It’s such an overkill IMO.

Dari hari pertama lahir di dunia, Shana ga terlalu antusias menyusu. Entah apa karena proses IMD yg gagal? Atau emang karena anak perempuan katanya lebih males nyusu? Apapun alasannya, si gendhuk ini susah banget latch on. Ditambah lagi ternyata oh ternyata secara anatomi gw emang sulit untuk menyusui dengan kondisi inverted nipple. Alhamdulillahnya milih melahirkan di RS yg amat sangat PRO ASI. Setiap hari ada konselor laktasi yg dateng ke kamar untuk bantuin latch on dan memantau proses menyusui.

Inget banget konselor laktasi pertama yg visite, dia langsung jelasin tentang kapasitas lambung bayi dsb dsb yg udah gw tau dari kelas breastfeeding basic aimi. Awalnya gw mikir ‘iyaa udah tauu’ n males dengerin gitu, tapi ternyata penjelasan ini berguna banget untuk ke depannya dapet support dari ortu dan mamer. Mereka langsung support seratus satu persen untuk asi(alhamdulillah). Setalah agak paksa shana utk latch on dan bayinya tetep gamau. Periksa sana-sini, kesimpulannya anatomi gw bermasalah but no biggie karena ada jalan keluarnya. Keluar deh resep handal untuk nipple puller dan nipple shield.

Dengan bantuan nipple shield, alhamdulillah shana bagus latch on-nya. Langsung hap hap, nyusu dengan semangat Shananya. Gw pikir oke juga niy nipple shield, baiklah dua tahun berteman dengan si nipple shield. Ehhh trnyata pemakaian nipple shield bisa menurunkan produksi asi, jadiii aja PR lagi untuk latian nyusu langsung tanpa nipple shield pas pulang ke rumah.

Fast forward di rumah 24 jam menyusu tanpa nipple shield, yaakk lecet paraah aja sodara-sodara. Rasanya mau nangisss tiap Shana nangis minta nyusu. Mau dipompa tapi takut anaknya kena sindrom bingung puting kalo pake botol. Yowes, pasang iket kepala, pasang bantal menyusui, gendong anaknya, trus hap latch on sambil gw meringis kesakitan. Ouch! Ouch! Ouch!
Rasa sakit setelah menyusui ini semakin berkurang setelah 2 minggu. Gw pikir, wajar ya sakit karena masih adaptasi. Apalagi pas Shana umur 3 minggu, aku iseng ke klinik laktasi di KMC. Dari hasil pemeriksaan, menurut konselornya cara latch on udah bagus, timbangan baby naik, dan ga terlalu lecet.
NOTE: kalo sakit saat menyusui itu TIDAK WAJAR. Berarti emang ada yg salah.

Setelah hampir 3 bulan, gw bangun pagi dengan rasa sakit yg lumanyun bikin meringis tiap pagi. Rasanya PD kalo kena baju itu ngiluu banget. Tetep positive thinking dan usaha terus nyusuin Shana yg bisa tiap 1/2 jam sekali nyusu dengan durasi menyusui yang bisa aja 2 jam non stop! Sampai pada satu titik dimana ahirnya Shana nursing strike. Mungkin dia udah capee nyusu terus tapi kurang kenyang. Rasanya hati remuk redam pas anak nolak nyusu padahal dia kelaparan, sampe ahirnya ketiduran karena cape nangis.

Balik lagilah kita ke klinik laktasi KMC. Kali ini konselor yg ada mendiagnosa kalo mungkiiin Shana tounge tie. Jiyaah..kenapa ga dari awal seh? Kan kasian anak gw cape nyusu ga efektif. Setelah ahirnya diperiksa sama dr.Asti, it was confirmed that our baby is tounge tied. 😦 my poor baby.. Tongue tie di Shana ga cepet ketauan karena dia tipe yg ringan, jd anak masih bisa nyusu seharusnya tanpa kesulitan. Tapiii tongue tie di Shana + inverted nipple di emaknya = menyusu ga efektif. Walhasil 3 bulan anak gw kekurangan asupan. Sediiiiih banget rasanya, tapi ga boleh berlarut larut sedih karena gw punya target untuk naikin produksi ASI yg udah terlanjur drop. Makan deh katuk seember, hehe..ga deng. Lebih tepatnya dapet obat dari dokter laktasi untuk naikin supply, sering nyusuin malam hari, makan banyak sayur, plus jinten hitam n sari kurma tiap hari.

Banyak orang yg komentar kalo tongue tie over diagnosa dan insisi itu over treatment dari dokter. Well, whoever said that had NEVER went through what we had for sure. Pasti orang itu ga ngerasain rasanya sakit pas dan setelah menyusui, ga ngerasain bayinya nangis seharian ga bisa tidur, dan pastinya ga ngerasain sedihnya ditolak bayi pas nawarin nyusu.

Setelah ngelewatin semua itu, alhamdulillah masih bisa ngasih ASI ke Shana sampe sekarang. Gw ga punya target apapun, karena menurut gw ASI ini rejeki dari Allah. Rejeki udah ada yg ngatur kan.. Kalo masih rejeki, insya Allah ASI jalan terus. Kalo udah bukan rejeki, ya masih ada sufor atau UHT kan setelah setahun. Toh sufor bukan racun kok.. πŸ˜‰ *pasang helm takut diketok palu sama konselornlaktasi*

Still around?

December 11, 2011 § 1 Comment

Hualoww.. Apa kabar ya ini blog? Ditinggalin setengah tahun lebih. Hidup ga ada, nyawa menggantung begini.. Hehe..
Alasan blog ga update cuma satu! Berbentuk mahluk mungil nan lucu bin menggemaskan bernama Baby iwil Aishana. πŸ™‚

Alhamdulillah putri pertama kami lahir bulan Juni lalu dengan selamat, sehat dan ga kekurangan apapun. Emaknya paling girang begitu tau anak wedhok lahir dengan rambut lebat nangkring di kepala. Maklum pengalaman eyke lahir botak nan plontos. πŸ˜€

Selama 6 bulan terakhir kehidupan berputar di sekitar putri kecil kami tentunya. Ga berasa bayi newborn yg seperti boneka hidup ga bergerak itu sekarang udah tumbuh makin besar jadi bayi yg aktif dan interaktif. Suka ketawa, bercanda, pastinya bikin aku dan abang jadi orang tua yg bangga. Hehe mana ada siy ortu ga bangga sama anak? Pasti anaknya nomor 1 di dunia lah..

Hmmm..rasanya banyak yg pengen ditulis disini. Dari mulai pengalaman melahirkan, hari-hari pertama di rumah merawat bayi newborn sendiri, perjuangan breastfeeding, dan perubahan hidup gw setelah hadirnya bayi kecil ini. Huwaa banyak yaa.. Satu2 dulu kali ya.. Kangen juga nulis.. πŸ™‚

Updates..

May 6, 2011 § Leave a comment

on the pregnancy andΒ  baby

officially in our last trimester of the pregnancy. Terahir kontrol ke dr.ridwan terkaget-kaget waktu dokternya bilang “oke Nggi, 4 sampai 6 minggu lagi ya..” Whaaat? can’t believe time flew by so fast.. rasanya baru kemarin liat testpack bergaris 2 itu.. awww, jadi ga sabar pengen ketemu baby iwil.. πŸ˜‰

how’s the little baby doing? well, according to the last ultrasound scan: she’s not so little anymore! *hugs*

hihi agak overweight for her age actually.. ;p weh ini alamat mommy-nya kebanyakan makan karbo dan segala yang manis-manis. emang sih 2 minggu terahir ini bawaannya pengen makan cake, muffin c*ffee bean, dan minum es buah mulu. All the reason for baby iwil to gain 1.3 kilogram in just 5 weeks time. uhuy..mantab kali nak! pantesan mommy semakin susah jalan ini *alasan..alasan..padahal emang gw bengkak gendut*.

well, dengan BB bayi yang udah 2.6 kilo sekarang ini, dr.ridwan cuma bilang-dengan gaya santai seperti biasa- “saran saya siy, jangan sampai 4 kilo ya Nggi bayinya.. ya 3.6 kilo aja deh” Maaakk…is it even possible? gw ga kebayang kalo sampe baby iwil beratnya segitu. dududududu….have to hold back those cravings for sweets then.. 😦

on our house

Nah ini dia niy yang hampir ga kepegang akhir-akhir ini. Ada aja alesan tiap wiken untuk GA BISA liat progres rumah. Pas gw iseng hubungin pihak marketing, eh..ternyata udah pasang pondasi aja.. Huwaa cepet juga ya! Kirain masih mau tender kontraktor, ternyata udah mulai dibangun aja.

Langsung dong penasaran kita berdua. Pengen kesana untuk liat, tapi yaa itu lagi..rasanya wiken ini ga bisa. Wiken depan? hmmm…mungkin bisa yaa.. harus n kudu diusahain kesana ini siy. Masa’ tau-tau ntar udah jadi aja rumahnya (amiiinnn..). Jadwalnya masih lama siy, masih 2012 insya Allah serah terimanya.

hello third term..

April 1, 2011 § 4 Comments

wuihh..ga berasa tau-tau masuk trimester terahir dari kehamilan aja niy. dag dig duer rasanya ngebayangin bentar lagi mau ketemu si bayi kecil ini. Well, masih lama siy sebenernya.. Sekarang aja baru 29 W, masih ada 11-an minggu lagi kurleb. Tapiii teteup aja berasa deket banget udah mau lahiran. πŸ˜‰

How was the pregnancy in 2nd term?

Not bad… malah cenderung menyenangkan. πŸ™‚ badan lebih terasa bugar dan ga ada letih-lemah-lesu-ngantuk seperti di trimester satu. Yaa walopun ada sedikit masalah panggul, alhamdulillah setelah rutin beberapa kali nyoba antenatal yoga di rumah, masalah panggulnya hilang blass… Jeleknya gw ya setelah ga sakit lagi panggulnya, olahragapun ikut berhenti, hehe..

How’s the baby?

Kemarin periksa kehamilan lagi ke dr.Ridwan, liat baby iwil lagi di layar USG. πŸ™‚ sedang apakah dia? ternyata diem aja, anteng, bener-bener ga ngapa2in. Hmm..apa kamu takut diperiksa dokter nak? soalnya kemarin periksa dokter sekitar jam6 sore, nah biasanya jam-jam segitu baby iwil lagi hebooooh gerak. Aseli..udah bukan tendangan-tendangan kecil yg gw rasain, tapi sampe perut gw berasa geter semua karena gerakan sporadis dese.

Sampe abang ikutan nanya “kaya’ apa rasanya tuh? *ditendang-tendang*?

hmmm..kaya’ apa ya? ga bisa dijabarin deh, harus ngerasain sendiri.. ;p satu kata aja: AMAZING!

There’s a life growing inside my womb. It’s just plainly amazing. πŸ™‚

Trus menurut pak dokter, perkembangan baby iwil normal. Semua masuk ke range normal dari mulai berat (sekarang udah 1,3 kilo), lingkar kepala, panjang tungkai, sampai asupan gizi via plasenta. Alhamdulillah…sehat-sehat terus ya nak *hugs*.

How’s the weight gain?

Walopun selama ini gw termasuk agak susah untuk naikin berat badan, ternyata pas hamil gampang banget bow! gilee…ini tergendut seumur hidup! ga ada istilah cuma gendut di perut doang, beneran rata seluruh badan. hohoho… let’s just hope all these baby fats will be easy to loose after the baby’s delivery. πŸ˜‰

Yups, udah naik dua belas kilo sajah aku selama hamdun 7 bulan! hiyaaa…hahahaha… Komentar orang-orang juga beragam. Dari mulai yang berbaik hati dengan bilang “lebih seger ya setelah hamil” (baca:gendut) sampai ada yang dengan afgan bilang “itu muka bengkak ya” (baca: gendut juga). πŸ˜€ belum lagi yang nakut-nakutin dengan bilang “wah udah naik buanyaaak banget, bisa sampe 20 kilo itu” iiihhh kok doain yg jelek sih?

yuk ah mari bodo’ amat apa kata orang, yang penting anak gw sehat dan sampe detik ini dokter ga komentar apa-apa tentang weight gain gw. Pas gw tanya juga katanya ini masih “normal”. Fiuhh..

shopping time? NOT!!!

March 7, 2011 § 4 Comments

Sebagian orang beranggapan pamali belanja keperluan bayi sebelum usia kandungan 7 bulan. Hari ini usia kandungan gw udah 6 bulan *horeee belanja!*. Ibu-ibu hamil lain mungkin masih nyusun daftar belanjaan, danΒ  siapin stamina untuk berjibaku ke mangdu, ITC, atau baby shop lainnya, lah gw malah kena embargo dari suami santai-santai.

Gimana ga santai kalau belanja kebutuhan bayi udah dimulai jauh sebelum ini, hehe.. Maklum emak ga sabaran bin ga tahan liat pernik-pernik bayi yang menggemaskan. Selain itu suami dan ortu juga ga ada yg ngelarang untuk nahan hasrat belanja gw, ;p Malahan mertua bolak-balik ngajak ke ITC kuningan untuk belanja kebutuhan bayi dari kehamilan gw 4 bulan! πŸ˜€ Gw dan abang juga berpikir kalau sebaiknya urusan belanja ini cepet beres supaya ga rempong pas hamil udah besar nanti.

Jadilah di minggu ke-26 ini, alhamdulillah segala keperluan baby iwil udah hampir terpenuhi. Semua itu hasil dari online shopping, ITC Kuningan, dan juga Mothercare sale. hihihihi..ketauan kan betapa ga kuatnya ibu yg satu ini nahan keinginan belanjanya. ;p

Belanja di online shop itu sangat adiktif menurut gw (bahaya sebenernya ini). Tinggal klak-klik pilih barang, transfer, trus tunggu kiriman ke rumah deh. Saking seringnya tuh paket dateng, satpam komplek gw sampe hapal sama mas-mas Tiki kaya’nya, LOL! Untuk barang yang dibeli online siy sebagaian besar cloth diaper, ada juga beberapa prefold dan muslin. Kalo kata suami “urusan popok-popokan”. Oiya, kalo belanja online aku ga fanatik terhadap satu lapak tertentu. Cari yang paling bersahabat dalam hal harga dan juga pelayanan (abis kadang ada seller yang nyebelin juga), tentunya gw juga cari yg lagi kasih special offer atau sale. Beberapa toko online yang pernah aku jajal (dan bagus pelayanannya ya):

Ehh..banyak juga ya ternyata *baru nyadar*.

Nahh kalo di ITC kuningan kan banyak tuh baby shop. Yang sering direkomen di milis atau blog para mommies itu Ocha dan Jungle. Awalnya juga gw kekeuh pengen ke dua toko itu, tapi mertua nyaranin ke Fany Baby aja. Toko ini udah langganan mertua, yowes ngikooot…Fany Baby ini letaknya juga di lantai 4. Tokonya ga besar tapi dia punya 3 kios di lantai 4 yang letaknya agak mencar-mencar.

Ternyata emang ga salah nurut kata orang tua. setelah belanja di Fany Baby, gw masih kekeuh dan penasaran sama Jungle. Berhubung kedua toko ini deketan, mampir deh ke Jungle. ehh..pas nanya-nanya harga, ternyata untuk barang yg sama emang lebih murah di Fany Baby! wohooo…berasa beruntung. πŸ˜‰

Kalo kasus mothercare sale, ummm jangan ditanya lah ya.. emak-emak mana yang tahan dengan godaan sale 70%?! Belum lagi ada further reduction beberapa minggu kemudian (walopun barang udah ga pada lengkap ya). Yaa..lumayan nambahin koleksi sleepsuitnya baby iwil. Gw sukaaa banget sama sleepsuitnya MC, motifnya lucu-lucu banget.

Jadi ga sabar buat pre-wash semua baju, popok, dan clodi baby iwil. ;D

apalah arti sebuah nama

January 27, 2011 § Leave a comment

Dari awal sebelum hamil, kami aku udah mulai sibuk cari nama untuk calon anak kami. Ada yang bilang hal ini pamali, tapi cuek aja lah. Yah daripada selama hamil malah bingung ubek-ubek cari nama dan ga kepikiran mau kasih nama apa ke anak kan? *pembenaran diri*.

Urusan nama ini (baik nama panjang ataupun panggilan) sepertinya is fully my responsibility. Abang tinggal memberi approval ataupun penolakan terhadap beberapa kandidat nama ini. Berhubung belum hamil (saat itu), jadi aku siapkan dua nama, masing-masing untuk anak laki dan perempuan.

Jujur aja soal nama anak ini, aku ga mau kasih nama yang terlalu aneh, terlalu umum (nama sejuta umat), terlalu panjang, dan terlalu susah pengucapannya.Β  Kalau terlalu aneh dengan spelling yang cukup berlibet bagi lidah orang Indonesia, kasian ntar nasibnya sama kaya’ emaknya. Belom lagi bisa jadi bahan ledekan temen di sekolah *ini gw yang mikir kejauhan ya?*

Nah di awal kehamilan sempet bingung mau manggil bayinya apa. Ga mungkin menggunakan kedua nama yang udah disiapkan, wong belum tau jenis kelaminnya. Ga lucu kan kalo sampe salah manggil :D.

One day pas lagi mual-mualnya istirahat di pulau kapuk, aku tiba-tiba kepikiran untuk manggil bayi kami dengan panggilan baby iwil.

Kenapa?

just for a simple reason..

Kami berdua sama-sama berambut keriting! πŸ˜€ kemungkinannya 99,99% anak kecil ini nantinya juga berambut keriwil-keriwil kaya’ bapak-ibunya.

Jadi, terima nasib sajalah dia dipanggil baby iwil oleh kami berdua.

Setelah tau jenis kelaminnya si bayipun, kami masih enggan manggil dia dengan namanya. Kaya’nya panggilan baby iwil udah paling tepat (untuk saat ini).

Hmmm..mungkin ga ya nanti pas udah gede, baby iwil terobsesi dengan rambut lurus seperti gw di masa-masa masih labil? Gw akan meyakinkan dia kalo rambut keriting is THE BEST and can be Seksieeh..! LOL!:D liat aja niy carrie bradshaw..

tapiii kalo jadinya kaya’ gini..

aduh..aduh..jangan sampe ya nak *tepokjidat* *knockonwood*. Yeah well, in that case there’s always m*karizo or l’*real matrix and a flat iron to fall back on. πŸ˜‰

eh, tapi siapa tau ya baby iwil ternyata ga iwil-iwil rambutnya (masih ada kemungkinan gen resesif itu muncul kan..ngarep dot com).

 

 

Where Am I?

You are currently browsing the Lil-minnie-me category at Our Life Journey Together.