BKK day three

February 7, 2010 § 1 Comment

Ngelanjutin cerita petualangan Si Bolang kemarin ke Ayutthaya, hari ke-3 ini kita mutusin untuk stay in Bangkok. Itinerary hari ini ga banyak, cuma ke daerah Rattanakosin & Pratunam.

Rattanakosin, to satisfy my curiosity to see the reclining Buddha.

Pratunam, to satisfy my curiosity to see one of the largest wholesale market.

Ehehe, kaya’nya emang gw doang yang pengen liat ini-itu ya.. Misua tercinta dengan harus ikhlas nemenin, yang penting buat fakar siy asal dapet wisata kuliner yang enyak ato segelas kopi, beress… 😉

Rattanakosin

Berangkat pagi supaya ga terlalu panas pas jalan-jalan, cuz we’re gonna spend half day outdoor. Naik BTS sampe Sathorn Taksin, trus disambung naik Chao Praya Express. Dasar si dudul yang pelupa ini ga inget kapal mana yang harus kita naikin, walhasil kita terjebak naik Chao Praya Express yang rada mahal bersama para turis Caucasian. Untungnya karena berwajah Asian ketauan kere ga punya duit kita ga dijebak untuk beli one day pass seharga THB 150. Wong sekali jalan bayar kapalnya cuma THB 15 – 25 (tergantung bendera kapal, tarif jauh-dekat sama saja), rugi kalo beli 1 day pass (biasaa tourist trap).

Karena salah naik boat, ga bisa turun di Tha Tien dan harus jalan kaki mayan jauh ke arah Grand Palace. Sepanjang jalan menuju Grand Palace dipenuhin penjual kaki lima, udah berasa di bl*k M banget. Liat Grand Palace dari luarnya, foto-foto aja buat bukti otentik udah ke BKK, hehe..

Dari sana, kita lanjut jalan kaki ke Wat Pho (reclining Buddha, here we come!). Sepanjang jalan, kita liat beberapa turis lugu yang kena tipu atau dalam upaya ditipu untuk pergi belanja ke toko perhiasan (nasib gw 2 tahun lalu neh). Di Wat Pho, hampir bisa masuk GRATIS karena gw lagi-lagi disangka orang Thai. Coba bisa sepatah dua patah kata bahasa Thailand ya, lumayan gratisan kemana-mana (ahaha..pelit dot com kambuh).


So, this is the infamous reclining Buddha.. nyarinya dengan penuh semangat dan hampir nyasar (saking gedenya tuh komplek). Sumpah ya rameee banget yang liat reclining Buddha, penuh sesak dan dorong-dorongan rebutan foto, hasilnya gini deh..


Begitu berhasil keluar dari Wat Pho, langsung nyebrang sungai buat liat Wat Arun. This time we got lucky. Unknown to both of us, we entered the temple complex from a back door which is commonly used by Thais. Jadilah kita berdua betul-betul gratis masuk Wat Arun, hehehe… Kita ga bertahan lama di Wat Arun karena udah kepanasan buanget.


Gara-gara naik boat seharian ini, gw harus ngerasain mabok laut selama 24 jam ke depan. Hah! Cupu banget… 😉

Pratunam

Nah…yang satu ini bisa jadi surga buat para wanita yang doyan belanja! Don’t expect to find any high-end brand here tho, you get enough of those at the Ratchaprasong district. Di Pratunam yang ada Pratunam market yang jualan baju-baju, tepat di depannya ada Platinum Fashion Mall. Inceran gw niy ke Platinum, gara-gara baca review di forum-forum tentang mall 5 lantai yang penuh segala berbau fesyen dengan harga miring.

Begitu masuk mall-nya, weuh..lebih mirip MangDu tapi lebih gede, lebih banyak toko, lebih rame, lebih variatif pilihannya, dan pastinya LEBIH MURAH. Kalo kualitas siy 11-12 ya sama ITC, wong di pesawat pas pulang, gw duduk sebelah orang yang punya butik di ITC dan dese habis kulakan di Platinum.

Buat gambaran ya.. harga-harga baju di sini sekitar THB 100 – 300. Kalo beli lebih dari 1 item, langsung dikasi harga wholesale yang bisa lebih murah THB 20-30 dari harga satuan. Serunya lagi, kita bole milih item yang beda, pilih aja mau yang mana setoko itu. Parah deh, kalap gw disini! Untungnya si abang ingetin kalo besok masih harus bayar hotel dan ga boleh overweight, hehehe….

So.. that day I went home with tanned skin and feeling smug after all the shopping. 😉

BKK day two

January 26, 2010 § 1 Comment

Kemarin di Chatuchak sempet mampir ke Tourist Information Centre untuk nyari info tentang perjalanan ke Ayutthaya ini. Mantebh banget deh pelayanannya, emang mereka beneran mau majuin usaha pariwisatanya (unlike our country, yeah you know..). Begitu masuk…

Officials: ” Hi! How can I help you?”

Anggi: “We’d like to go to Ayutthaya tomorrow, do you have any information about Ayutthaya?”

Officials: *she looked slightly confused* “where?

Anggi: “Ayutthaya..

Officials: “Yes, I’m Thai..

Lho? langsung bingung, luckily Fakar came to the rescue showing a booklet about Ayutthaya to the official.

Officials: “ohh.. Ayuttheeya..”

Anggi & Fakar: “Yess… that’s what we meant” LOL, we were sooo lost in translation. 😉 walopun gitu, alhamdulillah slamet juga nyampe Ayutthaya..

Ayutthaya

Dari dulu udah penasaran banget sama Ayutthaya, pengen kesana tapi ga mau bayar mahal buat tur. Jadilah kita travel bak backpacker. Naik kereta, sewa sepeda, dan menghitam dengan sempurna di bawah terik matahari Thailand (itung-itung tanning gratis). ;p

Naik kereta ke Ayutthaya dari stasiun Hua Lamphong, kita beli tiket kereta yang kelas ekonomi, harganya 20 Baht saja (info di websitenya ga bisa dipercaya). Kereta ga ber-AC dan ga ada nomer duduk. hihihi..itung-itung pengalaman, toh perjalannya cuma 1,5 jam. Kereta yang ber-AC harga tiketnya 12x lipet dibanding ekonomi, mendingan buat makan. Walopun kelas ekonomi, tanpa AC, dan kursi ga empuk, perjalanan 1,5jam cukup nyaman kok. Keretanya bersih dan ga ada penumpang yang ngerokok sembarangan.

Selama di kereta diajak ngobrol sama bapak tua yang dulu kerja di Asean ngurusin pengungsi Vietnam di pulau Galang. Banyak nanya tentang sepakbola Indonesia jaman baheula. Kita berdua dikira students (bangga dot com) dan dikira orang S’pore. Pas dia tau kalo kita Indonesia, dia bilang “I have a friend from Indonesia, his name is Simanjuntak!“. Hehe..ga jauh-jauh ya kenalnya orang Batak juga dese.

Sampe di Ayutthaya, kita bener-bener ikutin info dari Lonely Planet dan Wikipedia. Sewa sepeda di Guest house for 50 Baht, and the Ayutthaya adventure begun!

Went to see the infamous Buddha head in a tree at Wat Maha That.


Took hundreds of pictures in the Grand Palace ruins.

Had a glass of refreshing ice thai coffee and a bowl of Tom Yam Gung at Malakor (just accross Wat Ratchaburana, this place is highly recommended, we loveee it!).


Got lost around the main island cause of unclear map directions. To end the perfect sunny day at Ayutthaya, we ordered two tall glasses of refreshing juice! Yummy!

On our way back to BKK, met another Thai man who thought we were Taiwanese or Filippinos. Hehe..emang ga akan ada yang nebak kita orang mana.

Malemnya kita putusin untuk jalan-jalan liat Suan Lum night bazaar yang terkenal itu. Ga beli apa-apa karena ga ada yang menarik buat kita. Tempatnya udah terlalu exposed, yang dateng turis semua jadi harga-harga di mark-up tinggi banget. Barang-barang relatif sama dengan Chatuchak tapi harga berkali-kali lipat. Ada juga siy beberapa kios yang jual fashion items (sepatu, dress, kalung-kalung) yang unik dan lucu karena emang buatan artis lokal. Tapi yaa males nawarnya itu lho, saingan sama buleleng bow, ga mungkin dapet harga rendah.

BKK day one

January 25, 2010 § 3 Comments

Arrived pretty late on a Saturday night, got ripped off by the taxi driver from airport (masiiih juga kena TIPU padahal udah ada pengalaman sebelumnya, naseeb). Begitu masuk kamar hotel, senaaang! Sesuai ekspektasi dan gambaran di websitenya. Tapi kaya’nya salah pilih lokasi. Oh well… ga terlalu masalah juga seh.

Chatuchak

Tujuan utama hari ini cuma satu: Chatuchak weekend Market

Berangkat ga terlalu pagi, karena naik BTS juga cuma 20 menit. Kalo kepagian, toko-tokonya belum banyak yang buka tapi kesiangan bakal panas banget.

Sampe Chatuchak, langsung keliling-keliling tanpa berbekal peta pasar atau tujuan apapun. We thought it might be fun to get lost, hehe.. Tapi udah muter-muter dan ubek-ubek sampe ujung juga ga nyasar. Very easy to find our way around. Niatan awal siy bukan untuk shopping, lebih berniat untuk liat-liat karena faktor penasaran. Tapi dasar wanita orang Indonesia ga boleh pulang tanpa oleh-oleh bukan? Jadilah kita menenteng 2 plastik berisi kaos-kaos mursida dengan gambar gajah buat para ponakan. Jalan-jalan keliling pasar seru, lebih seru lagi nawarnya! walopun blom sejago emak gw, but I got a chance to sharpen my bargaining skills.

Ga sengaja nemu makanan halal di Chatuchak (ada tulisan halal plus yg jualan paka jilbab), berhubung perut udah mulai kucuk..krucuk.. langsung hajar bleh! Penampakan siy mirip masakan padang, tapi dari segi rasa… well not my cup of tea, but abang likes it.

Rachaprasong

Pulang dari Chatuchak udah siang dan panass maak… Berhubung ga tau mau kemana lagi, lanjut aja ke mall buat ngadem. Naik BTS ke daerah Ratchaprasong buat liat-liat mall di BKK yang notabene shopping crossroads. Ada Central World, Siam Discovery Centre, Siam Paragon, Amarin Plaza, dan juga Gaysorn. Begitu masuk ZEN di Central World, gw langsung ngeliat ikat pinggang yang persis sama dengan yang baru gw beli di Chatuchak. Harganya? dua kali lipet! Beuh.. sori dori mori ya, langsung males liat-liat ZEN dan ngeloyor nyari Naraya aja.

Di Naraya kita berdua terkaget-kaget. Kaget dengan penuhnya toko dan kaget dengan harga-harganya. It was fun, shopping for gifts for our mothers and looked around for a cute babybag (hehe..bayi blom ada tapi udah nyari baby bag). Ga nemu baby bag yang lutcu, dapetnya mother bag alias tas buat gw *nyengir licik*.

Mah Boon Krong


Rasanya belum afdol kalo blom mampir MBK toh? Jadilah kita jalan kaki kesana *hemat ongkos dan skalian liat-liat kaki lima*. Sampe MBK, udah banyak toko yang mau tutup. Cuma liat-liat bentar, mampir Watson, trus balik hotel. Eh…ada yang dapet sepatu baru deng! Lumayan lagi sale hampir 1/2 harga, dengan alasan perlu sepatu untuk ke Ayutthaya besok. 😉

Overall, kerjaan kita berdua hari ini: belanja..belanja..belanja.. LOL, parah!

Where Am I?

You are currently browsing the Bangkok category at Our Life Journey Together.