Cerita Siraman

November 23, 2009 § Leave a comment

Setelah pengajian kurleb 1 jam, acara lanjut dengan prosesi siraman pake adat Jawa. Sebetulnya ga Jawa-jawa banget, agak campur sari begitu. Soalnya walopun keluarga papa tulen dari Jawa tapi mereka ga terlalu pakem dengan adat. Yaa..yang penting ada siraman aja, engga ada pasang bleketepe dan lain-lain. Mungkin untuk sebagian orang ini kurang nJawani, tapi yoweslah ya itu siy pendapat masing-masing  aja..

Sebelum siraman ada acara sungkeman ke kedua orang tua dan juga ke eyang putri. Pas sungkem ini gw KAKU abist! berasa banget kagok dan ga bisa sungkem dengan bener. Padahal udah dibantu dan dipandu pemangku adat, tapi teteup anehhh.. apalagi pas liat di foto *LOL*, aneh banget posisi dan cara gw kasih salam dan sungkem.


Selama prosesi sungkeman, dipandu sama pemangku adat. Nah si bapak berblangkon dan jarik ini nyerocos dengan fasih pake Jawa kromo inggil. Walahhh yang ada gw pengen ketawa-ketawa karena ga ngerti sepatah katapun. Ternyata ibuku yang bukan orang jawa juga sama ga ngerti dan senyum-senyum aja. Ga khusyu’ lah ya hai sungkemannya.

Prosesi Siramannya sendiri berlangsung lancar alhamdulillah.. Pertama tujuh macam air dicampur oleh kedua orang tua, tuang ke air siraman, trus mulai deh.. BYUR!!!


Brrr… walopun udah pake air hangat, tetep gw kedinginan, wong cuma pake kemben,😉

Setelah disiram para sesepuh, bude, dan tante, diakhiri dengan siraman ketua pengajian Khairunisa. Lanjut dengan Pangkas rambut Rikmo.

Potong rambut ini maksudnya buang sial membuang segala hal buruk agar pernikahan lancar. Rambut sebelah kanan dipotong papa dan kiri dipotong mama, lalu potongan rambut dimasukkan ke dalam air mawar dan kemudian ditanam dalam tanah. Baru kemudian dilanjutkan dengan wudhu dan pecah kendi. Katanya pecah kendi ini ada maknanya juga, tapi eyke ga tau bo..

sekarang segini dulu ya, more stories to come…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Cerita Siraman at Our Life Journey Together.

meta

%d bloggers like this: