Antara Nasional, Jawa, dan Tapsel

January 20, 2009 § 17 Comments

Pemilihan vendor-vendor yang sebelumnya, saya ga pernah ambil pusing. Gedung udah ada bayangan mau dimana, foto & video ngikut aja sama vendor yang dipake sodara, undangan juga pilih langsung di pasar tebet. Nah kalo untuk dekor dan baju lain lagi ceritanya. Berhubung dekorasi ini salah satu yang sangat penting dalam nentuin tema dan suasana pesta, kita ga mau asal pilih aja.

Awalnya abang dan saya pengen tema pestanya modern tanpa adat ditambah unsur Jawaย  atau Batak sedikit.ย  Intinya pengen tema nasional, supaya ga ribet dan lebih leluasa bergerak saat pesta. Kebayang kalo pake adat Jawa maupun Tapanuli Selatan lengkap, pasti bakal ribet dan cape banget. Blom lagi kalo pengantin Jawa pake paes, secara gw berjidat jenong dan Jawa palsu (ngomong bahasa Jawa aja gabisa), berasa ga pantes aja untuk pake adat ini. Trus kalo pake adat TapSel, abang juga males karena ribet dan takut ga enak sama pihak keluarga aku.

Solusi terbaik menurut kami berdua adalah: NASIONAL MODERN!

ternyata… SALAH!

Usut punya usut, mama pengen resepsi pernikahan pakai baju adat.Ga tanggung-tanggung lagi, mama minta untuk pake baju dan dekorasi TapSel. Yang minta ini mama saya lho…yang bukan orang Batak malah pengen anak perempuannya nikah pakai adat Batak, hehehe… Katanya biar beda dan terlihat bagus. Saya dan abang mengalah dan jadilah kami nanti pakai baju adat Mandailing.

Saya pakai ‘bulang’ (mahkota anak dara mandailing), gonjong hiasan dada, selendang songket, baju kurung, puttu (hiasan lengan), pending, keris dan sarung songket. Abang pakai tengkulok mandailing (namanya ‘tukku/happu’ – hiasan kepala dari beludru), baju teluk belango, puttu (hiasan lengan), keris, sarung songket sebatas lutut,ย  dan celana panjang. Untungnya pihak orang tua ga minta acara adat lengkap juga, jadi cuma saat resepsi aja (fiuhh…). Itupun lebih ke adat tapi modern (pake baju + pelaminan sesuai adat TapSel tapi ga ada acara adat ataupun nari manortor). Baju pengantin TapSel kurang lebih seperti ini:

Trusss..karena saya lihat kalo Novi Arimuko bisa rias untuk pengantin TapSel (foto di atas diambil dari website www.noviarimuko.com), makanya saya langsung ga ragu untuk booking Mba Novi sebagai perias. Selain karena dapet review yang bagus tentang vendor ini, ternyata dua orang teman saya yang nikah tahun ini juga pakai Mba Novi. Hehe, ternyata samaan ya kita jeng.๐Ÿ˜‰ Jadi tambah mantab dan percaya untuk dirias sama Mba Novi nanti. Detailnya vendor yang satu ini menyusul yaa…

§ 17 Responses to Antara Nasional, Jawa, dan Tapsel

  • Sita says:

    Weits… kayaknya ada yang nyindir lagi niiih hohoho… emang yah beneran deh, bener kt temen gue, kl satu sekolah, biasanya banyak sama-nya :p siiiplah.. hayu atuh, apa lagi nih yg sama๐Ÿ™‚

  • Anggi-Fakar says:

    wehh..ga nyindir mba.. malah seneng bisa samaan gini.. yuks kapan ke novi barengan? sapa tau dpt diskon karena rame2..
    hehehe…๐Ÿ˜‰

  • Hi Anggi..
    Capeng juga yaa.. Wah namanya sama nii.. Salam kenal yaa..๐Ÿ™‚

  • andien says:

    hai anggi salam knal yah…

    tadinya aku juga sama loh kaya kamu maunya pake nasional aja. tp atas bujukan nyokap yg pgn pake sunda (ortu aku dua2nya sunda, ortu cowokua juga dua2nya sunda).. akhirnya nyerah deh…

    tapi setelah dipikir2, ternyata pake tradisonal itu anggun yah.. dan kapan lagi yah pake baju adat gt๐Ÿ™‚

    dan yang pasti ga akan ada deh tamu yg nyamain,, hehehe… masa iya ada tmu yg pake hiasan kepala kaya kita.. :p

  • Mita says:

    novi arimuko bagus kyknya kok gi,banyak anak weddingku yg make dan aku liat di foto2 Mp mereka, hasilnya emang manglingi;) semua pada puas kyknya ma novi arimuko

  • Anggi-Fakar says:

    @ Anggi: iya niy nama kita sama.. hehe..

    @ Andien: wah bener juga ya, jadi bnr2 berasa kaya’ Ratu sehari ya dengan tampil beda..๐Ÿ˜‰

    @ mba mita: amiin..mudah2an sesuai harapan ya mba..

  • mela says:

    waw…
    jadinya pake adat nih.. hihihi.. gw kira bakal jawa abis๐Ÿ˜€

  • Anggi-Fakar says:

    @ mela: iya niy mel, biar beda.. udah banyak yg nikah adat jawa.. hehehe…

  • […] dalam hal negatif, tapi tergoda untuk ganti make up artist. Dari awal sebenernya aku sudah sangat sreg dengan MUA yang satu ini. Apalagi sahabat-sahabatku juga menggunakan vendor yang sama. Mamaย  juga udah sangat suka setelah […]

  • Oji says:

    Hallo,

    Salam kenal yach, nama saya Oji. Saya berencana nikah bulan Agustus ini di Gedung Arsip Nasional. Sedang bingung cari2 baju nich, antara kebaya modern atau baju adat TapSel. Browsing cari2 photo2nya, eh ketemu juga di sini. Makasih udah sharing photo ini. Boleh minta kontak details dimana sewa baju Tap Sel? Mereka ada warna lain kah, biru misalnya?

  • Anggiara says:

    Hi Oji!

    Salam kenal juga… Wah mau pakai gedung arsip, keren tuh kalo malem..๐Ÿ˜‰ mistis2 gimana gitu, serasa balik ke masa lampau, hehe..
    Untuk sewa baju adat Mandailing, aku ambil di Nauli dekorasi. Alamatnya ada di posting aku yang ini, disana bisa sewa pelaminan juga. Kalo ga salah ada baju birunya say, aku pernah liat salah satu koleksi foto mereka yang pengantinnya pake baju biru.

  • Oji says:

    Dear Anggi,

    Makasih banyak ya atas replynya. Lagi mikir2…oke gak ya, pesta terbuka gitu tp pakai pakaian adat.. Kpn lagi pakai baju adat kalo ngga pas Kartini-an jaman sekolah dulu atau pas nikah. Kpaan lagi dukung kebudayaan nasional๐Ÿ˜‰ temanya sich mau East meets West.

  • Anggiara says:

    Waaa… unique concept! Me likey..๐Ÿ™‚ Kalo bisa padu padan yang oke, pasti hasilnya luarrr biasa. Emang bener banget ji, kapan lagi pake baju adat, lagipula kalo bukan kita, siapa lagi yg melestarikan budaya, ya ga?๐Ÿ˜‰
    Coba bentar gw bayangin ya kalo outdoor bgitu.. hmmm..kaya’nya bagus2 aja lho mnurut daku, kan bisa disiasatin dengan sdikit modifikasi baju kita ataupun modif pelaminannya.. Seru pastinya jeng!
    Good luck ya..!!
    Kalo jadi pake konsep ini, crita2 dong hasilnya.. pnasaran..

  • Oji says:

    Makasih atas supportnya yach, Anggi! Cuma aku gak bakal pelaminan, supaya pengantinnya bisa jalan2 menghampiri tamu2. Jumlah yg hadir+keluarga(100org) kira2 cm 500 org aja kok…

    Klo mentok, kayaknya gak begitu bagus pake adat.. yach pake kebaya๐Ÿ˜ฆ

    Coba dech check link ini: http://w3.weddingku.com/collections/partnerdetail.asp?partnerid=365

    Dekornya mau persis seperti itu, kayaknya gak cocok ya pake baju adat TapSel?

    Mungkin pas di wedding gatenya aja pake hiasan kayu2 pelaminan Tapsel sedikit biar agak nyambung….

  • Anggiara says:

    Lebih unik lagi tuh konsepnya.. seru..seru ji!๐Ÿ™‚
    Yah sayang juga ya kalo ga jadi pake adat.. Bisa juga dimodif say, misalnya baju adatnya ga terlalu heboh, ada hiasan yang dikurangin tapi ga menghilangkan ciri khas TapSelnya, jadi tetep nyambung dengan dekor di gedung arsipnya.
    Bener2 di wedding gate pake kayu-kayu ukir motif khas batak gitu, bagus deh say.. Vendor dekor yang aku pakai, punya tuh kayu-kayu begitu. Kalo mau coba konsul aja sama pak asdinya, orangnya baik n kooperatif kok.๐Ÿ™‚

  • Oji says:

    Sip! Aku akan kontak dia! Thanks again, Anggi!

    Have a nice weekend.

  • irax says:

    eh Ngi! Pake Novi Arimuko berapaan bu?
    kirim ke email saya! gapake lama! :-p

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Antara Nasional, Jawa, dan Tapsel at Our Life Journey Together.

meta

