sekilas tentang baju adat tapsel

November 25, 2009 § 3 Comments

Di atas pelaminan….

Tamu 1: “Ini adat apa ya mba?” dengan wajah bingung

Anggi: “Adat Tapanuli Selatan pak..” diiringi senyum manis

Tamu 2: ” Masa’ sih.. kaya’nya adat Kalimantan deh, tuh liat ukiran di pelaminan” nunjuk-nunjuk ke atas dengan wajah yakin 100%

Tamu 1: ” Oh.. kalimantan ya mba?” loh kok ga percaya sih sama penganten?

Anggi: “Bukan pak..  Tapanuli Selatan..” sambil teriak lebih kenceng supaya mereka denger

Tamu 1 & 2: “Ohh… Batak…” ralat: mandailing bukan batak.


Kejadian di atas ga cuma sekali atau dua kali, selama di pelaminan banyak tamu yang bertanya-tanya tentang baju adat dan juga dekorasi yang kami pakai. Hmm….ternyata jarang ya yang pakai baju adat Mandailing ini di Jakarta, walaupun banyak keturunan mandailing yang tinggal di jakarta.

Awalnya saya dan fakar mau pakai baju nasional aja saat resepsi. Tapiii diprotes orang tua. Menurut mereka, kapan lagi bisa pakai baju adat selain acara pernikahan. Selain suatu hal yang unik, kita juga ikut melestarikan kebudayaan bangsa. Pilihan pertama adalah pakai baju adat Jawa karena bapak saya orang Jawa. Well, berhubung saya ga mau dikerik dan ga mau keliatan lebih nong..nong..jenong pas nikahan, adat Jawa pun dicoret. Jatuhlah pada pilihan kedua pakai baju adat Tapanuli Selatan, dan inilah hasilnya…

Baju pengantin laki-laki:

- Penutup kepala disebut Ampu, yang merupakan mahkota yang dipakai raja-raja Mandailing di masa lalu. Bahannya beludru hitam dengan ornamen keemasan. Hiasan di pinggir ampu yang bentuknya kaya’ knalpot itu mengarah ke atas dan bawah, memiliki makna: ke atas: selalu ingat pencipta, ke bawah: selalu rendah hati.

- Baju godang yang berbentuk jas.

- Ikat pinggang warna keemasan dengan selipan 2 pisau kecil disebut bobat.

- Gelang polos di lengan atas warna keemasan

- Kain sesamping dari songket. Berhubung ga ada songket tapanuli, jadilah kita pakai songket Palembang.

Baju pengantin perempuan:

- Penutup kepala disebut Bulang, berwarna keemasan dengan beberapa tingkat. Di masa lalu, tingkatan bulang ini menandakan jumlah atau jenis hewan yang disembelih saat upacara adat. Ada tiga tingkatan bulang, tapi sekarang yang dipakai bulang tingkat tiga semua karena udah jarang upacara adat. Bulang yang asli terbuat dari emas asli, tapi bulang yang aku pakai siy cukup sepuhan emas aje..

- Penutup daerah dada adalah kalung warna hitam dengan ornamen keemasan plus 2 lembar selendang dari kaing songket.

- Gelang polos di lengan atas warna keemasan

- Ikat pinggang warna keemasan dengan selipan 2 pisau kecil juga (ga mau kalah sama yang laki-laki) ;)

- Baju yang dipakai harusnya baju kurung tapi aku pakai kebaya modern kali ini. Kain yang dipakai juga songket palembang pasangan sesamping abang.

Semua baju, songket, dan asesoris sewa dari Nauli dekorasi (kecuali untuk kebayanya ya…). Untuk baju abang, kita ga minta jait perdana karena udah ada warna marun yang pas banget sama dengan warna kain brukat aku.

About these ads

§ 3 Responses to sekilas tentang baju adat tapsel

  • Andri says:

    halo mba Anggi salam kenal yah saya Andri kebenaran rencana mau married bulan april 2010 dan liat blog pernikahan mba kok bagus. Rencana saya juga mau pake adat tapsel/mandailing. pelaminan & baju pengantin warna merah. Berhubung orangtua saya dari palembang dan jawa saya juga mau coba utk mix menggunakan songket palembang. Boleh saya tahu mba Anggi menggunakan dekorasi & pakaian dr mana? Notelpnya jgn lupa yah.
    Salam

    Andri

  • Anggiara says:

    Hi andri!

    aku sewa baju + dekor dari Nauli dekor
    Kalo tertarik, hubungin aja Pak Asdi di 0811978270

    Gudlak ya persiapan nikahannya.. :)

  • TERIMAKASIH ATAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN/REFRENSI UNTUK REGENERASI. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading sekilas tentang baju adat tapsel at Our Life Journey Together.

meta

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: